SEMINAR PEMANFAATAN INTERNET YANG EKONOMIS DI KAMPUS UNRIKA

Fakultas Ekonomi dan Bisnis – UNRIKABERITA SEMINAR PEMANFAATAN INTERNET YANG EKONOMIS DI KAMPUS UNRIKA
0 Comments

Fakultas Ekonomi Universitas Riau Kepulauan (Unrika) menggandeng PT Telkom area Riau Kepulauan dengan menggelar Seminar Umum di aula lantai 3 Kampus Unrika Batu Aji Batam, Senin (18/4). Pilihan tema “Mengintip dan Memanfaatkan Peluang Ekonomis di Internet” sengaja ditujukan untuk memancing dan menggugah minat dan daya tarik mahasiswa Fakultas Ekonomi Unrika. Setidaknya tercatat 255 mahasiswa dan Dosen Fakultas Ekonomi hadir dan mengikuti seminar ini hingga selesai.

Kepala Program Studi Faklutas Ekonomi Unrika, Marzuki,SE,M.Si dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjalin dengan baik ini. Seminar yang digelar ini merupakan agenda rutin yang dilakukan Fakultas Ekonomi. Dalam bulan ini saja, Fakultas Ekonomi mampu menggelar seminar empat kali. “Terima kasih kami ucapkan kepada PT Telkom yang bersedia hadir dan mengisi seminar dalam kesempatan malam ini,” ucap Marzuki.

Sementara itu, Off 2 Customer Education & Community Program yang menyampaikan materi dengan tema tersebut mengungkapkan, edukasi internet sehat merupakan salah satu program Corporate Social Responsibilty PT Telkom di bidang pendidikan. Tema seminar dapat disesuaikan sehingga diharapkan dapat memberi manfaat bagi peserta. Contohnya, karena Fakultas Ekonomi maka temanya langsung menyentuh beberapa peluang yang dianggap ekonomis dan diperkirakan dapat dimanfaatkan mahasiswa meskipun mahasiswa tersebut sudah bekerja.

Contoh-contoh peluang ekonomis yang tampak di depan mata dan sering ditemui yakni penjualan pulsa dan menjual produk merchant dan disebarluaskan melalui media fesbuk. “Untuk penjualan pulsa, peluangnya sangat besar karena hampir sebagian besar mahasiswa menggunakan HP,” kata Iman Susilo menjelaskan. Jangan melihat sudah banyak counter pulsa dan untungnya kecil. Justru mahasiswa yang ada saat ini merupakan konsumennya. Meskipun untungnya relatif lebih kecil tetapi bila faktor kali mengali digunakan, apabila serius digeluti maka akan mendapatkan untung yang lumayan besar, imbuhnya menambahkan. Sedangkan untuk berusaha menjual produk merchant maka sangat dibutuhkan modal kepercayaan dan profesionalisme sehingga kecepatan dan ketepatan dalam pelayanan dapat terjaga dengan baik.

Selain itu, peluang yang ekonomis lainnya dengan ‘menjual diri’ di media sosial online seperti Youtube. Contohnya seperti yang dialami Ted Williams, seorang pengemis yang menjadi terkenal sebagai penyiar radio di Amerika Serikat. Ada juga beberapa nama di Indonesia seperti Shinta dan Jojo, Bona Gayus Tambunan, Udin Majnun hingga Briptu Norman yang melejit lewat lipsinc  “Chaiyya Chaiyya”nya Shahrukh Khan.

Tim edukasi menyediakan juga beberapa souvenir untuk sesi tanya jawab dan kuis dalam seminar ini. (*)

sumber : http://blcsumatera.com/?p=1285